dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bahaya memodifikasi motor seperti ini.
Memiliki motor yang mewah menjadi impian para biker di dunia, namun banyak biker yang memodifikasi motor standar supaya kelihatan mewah tanpa mengetahui seberapa bahaya efek samping nya.
berikut beberapa bahaya memodifikasi motor seperti ini :
1. Mika Lampu Bening
Demi sembuah tampilan masih adabiker yang memasang mika lampu belakang berwarna bening. Bagi dirinya mungkin terlihat keren, tapi hal ini membahayakan pengendara lain yanag ada di belakangnya karena pancaran sinar yang silau.
2. Ban Kecil untuk Harian
Ban kecil atau kerap disebut ban cacing cukup berbahaya bila digunakan untuk harian. Sayangnya sampai saat tidak sedikit yang masih menggunakanya.
Menggunakan ban kecil memang memberikan kesan gaul dan sporty, tapi bila penggunaanya untuk harian akan sangat berbahaya. Mulai dari daya cengkram ke tanah yang menurun, sampai keseimbangan dari motor saat sedang berkendara.
3. Strobo dan Sirine
Alih-alih suka touring banyak bikerdari kalangan komunitas gemar mamasang lampu storobo dan sirine. Namuna hal ini berbuntut negatif, karena kecendrungan pengendara yang menjadi arogan dan membahayakan pengguna jalan lain.
4. Spion Kecil
Fungsi dari spion bukan hanya sebagai pelengkap kendaraan saja, tapi juga untuk visibilitas saat berkendara. Sayangnya saat ini fungsinya bergeser, karena kebanyakan pecinta modifikasi lebih suka menggunakan spion dengan dimensi yang lebih kecil dan hanya dijadikan sebuah pelengkap tanpa memikirkan fungsinya.
5. Melepas Sein
Sebagian biker rela melepas atribut resmi bawaan motor untuk mengejar tema modifikasi yang diusungnya. Contoh untuk pecinta modifikai bertema old school dan sport, kebanyakan sudah melepaskan lampu sein karena dianggap tidak mengimbangin tampilan motornya.
6. Handgrip Alumunium
Selain berfungsi sebagai pengaturan buka-tutup gas, handgrip juga berguna sebagai pijakan tangan saat mengendalikan motor. Menggantihandgrip model alumunium membuat tampilan motor lebih keren, tapi hal ini juga berbahaya karena bahan alumunium sangat licin ketika telapak tangan berkeringat atau saat sedang berkendara di musim hujan.
7. Potong Rangka
Modifikai old school kerap memotong rangka bagian belakang, tujuanya agar dimensi menjadi lebih kompak saat dipasang jok modelsingle seater. Langkah ini bisa ditoleransi bila kendaraan digunakan untuk kontes, tapi kalau untuk harian bisa berbahaya karena membuat titik kestabilan motor berkurang.
8. Memotong Spakbor Belakang
Memotong spakbor belakang juga menjadi salah satu rutinitas yang kerap dilakukan pada motor bergenre sport. Secara tampilan, memang membuat tampilan lebih keren, tapi sayangnya hal ini bisa merugikan dan berbahaya bagi orang lain.
Tanpa adanya spakbor yang standar bisa membuat cipratan air ketika berkendara di musim hujan mengenai pengendara lain di belakang. Akibatnya konsentrasi pengendara di belakang akan terganggu.
sekian beberapa bahaya memodifikasi motor yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi.
wassalamualaikum wr.wb
0 Komentar untuk "bahaya memodifikasi motor seperti ini"
silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan bahasan